Cara mudah mengolah kulit sapi agar empuk dan tidak berlendir

kikil sapi
Kikil atau kulit sapi yang telah dibersihkan bulunya memang dikenal alot dan susah dimakan, namun rasanya enak dan kandungan proteinnya tinggi sehingga sekalipun alot, kulit sapi tetap dimasak menjadi makanan bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Nah, untuk mengolah kulit sapi menjadi makanan yang empuk perlu cara memasak kikil atau kulit sapi dengan baik.

Cara memasak kikil agar cepat empuk dan tidak berlendir perlu beberapa tahap yang dilakukan sebelum memasak antara lain :


Cara pengolahan kikil agar cepat emuk dan tidak berlendir
  1. Bersihkan kikil dari kotoran apa saja yang menempel dengan air biasa
  2. Setelah dibersihkan rendamlah dengan air mendidih selama 20-30 menit. Perendaman ini dengan tujuan agar kikil tidak berlendir.
  3. dinginkan sebentar,lalu bersihkan dari lemak dan minyak serta bulu yang masih menempel sampai bersih.
  4. Rebus kikil dengan air biasa dipanci presto agar lebih cepat empuk selama  1 jam. Jika anda menggunakan panci biasa, merebusnya agak lama, yaitu sampai 2-3 jam. Sebaiknya si pakai panci resto biar tidak kelammaan.
  5. Angkat dan kemudian tiriskan. Kemudian bersihkan kembali dari sisa lemak dan minyak dengan air biasa.
  6. setelah bersih, kikil siap dibumbui dan dimasak menjadi makanan yang lezat empuk dan bergizi
Cara memasak kikil agar empuk
Untuk memasak kikil diperlukan bumbu perpaduan dasar dan rempah-rempah yang khas agar olahan kikil lebih nikmat dan menggugah selera.

Contoh bumbu kikil:
bawang putih, kunyit, ketumbar, daun salam dan daun jeruk purut

Kalau cara memasak si terserah ente, ketika sudah dibumbui kikil siap dijadikan masakan dengan cara digoreng atau pun pakai kecap, santan dan lain lain. Untuk memaduak selera anda silahkan meramu sendiri bumbu bumbu yang memeungkinkan kikil menjadi makanan yang leezat

Demikian ulasan mengenai Cara mudah mengolah kulit sapi agar empuk dan tidak berlendir sehingga menjadi makanan yang nikmat, empuk dan gurih. Terima kasih telahmembaca dan selamat mencoba.