6 Ayam lokal yang sudah punah atau hampir punah

Indonesia mempunyai banyak varietas ayam lokal yang memiliki ciri khas unik masing yang tersebar disluruh wilayah Indonesia. Dari banyaknya jenis ayam lokal yang ada di Indonesia ada beberapa ayam yang sudah punah dan hampir punah karena tidak ada pelestarian dan kerusakan lingkungan akibat manusia. Inilah daftar ayam lokal yang sudah punah dan hampir punah.
Ayam ciparage

Ayam Ciparage.

Ayam lokal ini berasal dari kampung Ciparage, Desa Cilamaya, Kabupaten Karawang Jawa Barat. Ayam Ciparage adalah varietas ayam petarung lokal terbaik asli Indonesia. Karateritik ayam ciparage bentuknya mirip ayam Bangkok, namun ukurannya lebih kecil. Tubuhnya proporsional dan kokoh. Sayap berukuran cukup besar. Bulu ekor lebat. Kepala berukuran sedang. Pial dan gelambir kecil, tumbuh agak ke depan berbentuk chusion, pea atau strawberry.

Ayam Ciparage memiliki 2 tipe warna, yaitu: tipe Jalak dan tipe jail emas. Tipe jalak keseluruhan bulu tubuh berwarna hitam mengkilat kecuali leher yang berwarna kemerahan, sedangkan tipe jail didominasi warna coklat keemasan.

Dari beberapa sumber, Ayam ciparage merupakan jenis ayam petarung lokal terbaik di Indonesia. Ayam ini memiliki gaya bertarung yang cepat seperti ayam Birma. Pukulan tajinya akurat dan bertubi-tubi mengarah ke kepala dan leher lawan. Gaya bertarung seperti ini sangat mematikan bagi lawan yang ukuran tubuhnya sama. Bahkan, ayam Ciparage seringkali mampu mengalahkan lawan yang lebih besar.

Sayangnya, popolasinya sangat sedikit dan jarang ditemukan karena kurangnya pelestarian. Menurut para ahli ayam ini telah punah, namun katanya ada salah satu farm di Purwakarta, yaitu ayam tangkas Wanayasa yang berupaya untuk terus melestarikan ayam Ciparage.

Ayam sedayu- kaskus.co.id
Ayam sedayu

Ayam Sedayu berasal dan berkembang di daerah Sedayu Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Informasi mengenai karaterisitik ayam sedayu ini tidak diketahui, bahkan populasi ayam ini tidak banyak diketahui. Kemungkinan ayam ini tekah punah, karena dari penelusuran pustaka tidak ditemukan informasi sedikitpun tentang ayam ini.

Ayam Bangkalan

Ayam Bangkalan ini berasal dari Pulau Madura. Ayam ini juga sama seperti ayam sedayu, informasi tentang karaterisitik dan populasinya. Namun, ada beberapa sumber mengatakan Ayam ini berpotensi sebagai penghasil telur dan daging (dwiguna), karena produksi telurnya cukup tinggi dan memiliki bobot dewasa antara 1,6 – 2,3 kg.

ayam jantur-ayamlaga124.blogspot.com
Ayam jantur

Ayam Jantur adalah jenis ayam lokal berasal dari Jawa Barat yang berkembang secara alamiah di Desa Rancahilir, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang. Penampilan ayam Jantur jantan lebih mendekati postur ayam sabung (Bangkok). Perawakannya masif dengan tungkai yang kokoh. Karakterisitk ayam janntur memiliki keberagaman warna bulu dan bentuk jengger dan/atau pialnya.

Maraknya import ayam Bangkok dari Thailand, ayam ini cenderung ditinggalkan oleh peternak lokal sehingga populasinya menurun. Karena kemiripannya juga mengangap ayam ini sering dikatakn telah tidak ada atau punah.

Ayam Lamba

Ayam Lamba adalah salah satu dari sekian banyak ayam lokal dari jawa barat tang tidak seberuntung jenis laiinya. Informasi tentang karakteristik dan performans ayam ini belum banyak diketahui atau mungkin karena sudah tidak ada. Hanya ada informasi bahwa ayam ini berasal dari kabupaten garut.

ayam bangkalan-olx.co.id
Ayam Tukong

Ayam Tukong adalah ayam ayam lokal yang sejenis ayam kampong. Ayam ini berkembang di daerah pedalaman Kalimantan Barat. Ayam Tukong tidak memiliki tungging, pangkal ekor tulang ekor atau “brutu” sehingga penampilannya lebih mirip burung puyuh. Ayam ini memiliki warna bulu bervariasi seperti pada ayam kampung, mulai dari hitam kehijauan, hitam kemerahan, hitam kebiruan, coklat bahkan putih. Keunggulan ayam Tukong adalah sifat yang lebih jinak, mudah dipelihara, tahan terhadap penyakit, komposisi karkas yang lebih baik dan salah satu jenis ayam lokal memiliki daging dengancitarasa yang lebih gurih.

ayam tukong-olx.co.id
Ayam Tukong tersebar di kabupaten Sambas, wilayah Kabupaten Pontianak di Kabupaten Landak Kecamatan Mempawah Hulu. Tukong diyakini berasal dari persilangan ayam Tabulangking dengan ayam kampungo oelh masyarakat yang diturn temurun dari tetua mereka. Ayam Tabulangking adalah ayam hutan liar yang hidup di hutan-hutan Kalimantan Barat.

Lagi lagi populasi ayam tukong semakin sedikit, akibat kurangnya informasi dan sosialisasi potensi keunggulan ayam Tukong. Ayam ini masih ada, namun hanya digunakan kampung lebih untuk ritual adat dan keagamaan di kalimantan.

Itulah jenis jenis ayam lokal Indonesia yang punah atau hampir punah. Sangat disayangkan, ayam ayam itu mengalami seperti itu. Untuk menjaga kelestarian jenis ayam ayam lokal yang masih ada. Marilah lestarikan dan berhenti untuk mendatangkan ayam ayam dari luar negri seperti ayam Bangkok !