Perbedaan EM4 Pertanian dan EM4 Peternakan

EM4-photosgoogles
Salam sejahtera untuk pengusaha agribinsis. Koran Agribisnis mendapat pertanyaan yang sering diajukan para pelaku bidang agribisnis peternakan, pertanian dan perikanan mengenai perbedaan EM4 pertanian dan peternakan serta perikanan. Untuk itu kami mengulas pertanyaan tersebut dalam artikel tentang EM4 ini.

Secara istilah EM4 merupakan produk kultur EM tang berupa bakteri bakteri baik (probiotik) dalam medium cair berwarna coklat kekuning-kuningan. Ciri ciri EM4 yang menguntungkan untuk pertumbuhan ini berbau asam manis. Manfaat EM4 untuk bidang pertanian, peternakan dan perikanan telah terbukti ampuh dalam meningkatkan pertumbuhan makhluk hidup (ternak, tanaman dan ikan).

EM4 terbuat dari bahan bahan alami, yaitu buah buahan.  Kandungan EM4 yang ada adalah Bakteri fotosintetik, Actinomicetes, Bakteri asam laktat, Ragi dan jamur fermentasi.mengandung asam amino dan unsur mikro. Nah tentu dengan kandungan seperti itu em4 ini sangat bermanfaat untuk bidang pertanian dan peternakan.

Hanya saja banyak yang mengeluh dan ragu ragu sehingga mereka banyak menanyakan perbedaan EM4 untuk pertanian, untuk peternakan dan perikanan. Padahal EM4 itu cuma satu jenis produk yang bisa dipakai dengan dosis tertentu. Perbedaannya terletak pada dosis dan cara penggunaan. Ketika digunakan untuk pembuatan pupuk, namanya EM4 untuk pertanian. Kalau dipakai untuk membuat pakan ternak namanya em4 untuk peternakan.

Hanya begitu saja perbedaanya. Bahkan bukan beda, cuma cara penggunaannya saja. hehe. Sudah paha, bukan. Gunakanlah manfaat em4 sesuai dosis yang dianjurkan untuk keperluan pertanian, peternakan dan perikanan dengan semestinya. Terima kasih telah membaca artikel mengenai perbedaan  EM4 Pertanian dan EM4 Peternakan.