Kandang Entok (Itik Manila)

Kandang entok yang baik adalah kandang yang nyaman untuk entok sehingga produksi dan repdoduksi entok tinggi. Layaknya manusia, itik pun harus nyaman. Untuk memilih atau membuat kandang entok yang baik perlu mengetahui kandang berdasarkan sistem pemeliharaan entok. Berdasarka sistem pemeliharaannya, kandang entok terbagi menjadi kandang ekstensif, semi intensif dan intensif.

Sebelum menjelaskan masing masing jenis kandang kalian juga perlu memahami morfologi atau perilaku entok. Entok adalah jenis unggas air yang memiliki selaput pada kakinya. Tentu suka dan lebih nyaman jika dalam kandang setidaknya ada kubangan air untuk entok berenang, mandi dan minum. Namun, banyak peternak mengabaikan keberadaan kubangan air tersebut.

Jenis kandang entok
Kandang ekstensif
Kandang ekstensif adalah kandang entok untuk malam hari saja, karena siangnya ento diumbar atau dilepas. Kandang ini biasanya dipakai untuk pemeliharaan skala kecil dan tidak terlalu fokus pada produksi entok. Kandang jenis banyak dipakai masyarakat karena mudah dan hanyadiletakan dibelakang rumah.

gambar kandang entok ekstensif-pertamina.com
Kandang semi intensif
Kandang ini merupakan kandang yang digunakan usaha entok dengan skala menengah/ Kandang ini terdiri atas kandang utama dan halaman pengumbaran. Kandang ini cocok bagi anda seorang pengusaha pemula.
gambar kandang entok semi intensif- youutibe.com

Kandang intensif
Kandang ini dipakai skala besar, kandang jenis ini dipetak petak berdasarkan jenis,umur, produksi, perlakuan entok. Kandang ini sangat baik untuk pemeliharaan entok karena mendukung produksi dan repoduksi entok baik untuk kandang itik pedaging dan itik petelur.
gambar kandang entok intensif - watchtube.us

Itulah informasi sedikit mengenai kandang entok (itik manila) yang baik dari segi jenis dan sistem pemeliharaan. Terima kasih, semoga bermanfaat.